Komunikasi Korporasi

Fungsi komunikasi korporasi (Argenti,2002) :
- Corporate Image and Identity
- Corporate Advertising dan Advokasi
- Media Relations
- Marketing Communications
- Financial Communications
- Philanthropy dan Corporate Social Responsibility
- Government Relations
- Crisis Management
Salah satu Goal dari Komunikasi Korporasi adalah REPUTASI
Reputasi
Reputasi perusahaan adalah hasil evaluasi (penilaian) yang menggambarkan citra perusahaan menurut masyarakat. Reputasi merupakan sumber daya keunggulan bersaing dimana tanpa persaingan keras reputasi tidak akan jadi masalah. Melalui reputasi, seseorang akan memperoleh informasi mengenai produk yang harus dibeli, ke mana mereka ingin melamar pekerjaan, dan pembelian saham. Sebuah perusahaan yang memiliki reputasi yang baik akan sangat mudah memperluas daya tarik perusahaan dan memungkinkan para manajer untuk memberikan harga yang lebih tinggi terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
Contoh
kasus yang berdampak pada reputasi:


PERBANDINGAN
PRODUCT BRANDING DAN CORPORATE BRANDING
Perhatikan dua gambar di bawah ini!
Perbedaan
dari dua gambar diatas adalah salah satu dari dua gambar tersebut merupakan
product branding dan yang satunya lagi adalah corporate branding. Product branding
adalah apa yang dilakukan oleh Aqua dalam gambar diatas dan Pelumas Pertamina
melakukan corporate branding.
Apa
yang menentukan sebuah produk melakukan product branding atau corporate
branding adalah bagaimana produk tersebut dipandang dalam masyarakat atau
bagaimana posisi produk di mata masyarakat. Untuk Aqua yang notabene sudah
memiliki posisi yang kuat dalam kehidupan masyarakat, Aqua cukup melakukan
product branding tanpa membawa nama perusahaan produksi Aqua karena pada
dasarnya tanpa harus mengeluarkan iklan atau apapun produk Aqua pasti akan
dicari oleh masyarakat. Lain halnya dengan Pelumas Pertamina yang harus
menambahkan nama Pertamina dalam iklannya. Hal ini disebabkan produk tersebut masih
belum memiliki posisi yang baik dalam masyarakat sehingga Pelumas Pertamina
masih harus bergantung pada nama corporate yang sudah memiliki posisi yang baik
di masyarakat agar bisa menarik perhatian masyarakat.
Corporate Identity
Dalam bukunya The Company Image, Elinor Selame
mengatakan identitas korporat atau corporate identity adalah apa yang
senyatanya ada pada atau ditampilkan oleh perusahaan. ( Selame dalam Sutojo
2004:13 )
Identitas korporat (corporate identity) menurut M.
Linggar Anggoro ( 2000:280) adalah suatu cara atau suatu hal yang
memungkinkan suatu perusahaan dikenal dan dibedakan dari perusahaan-perusahaan
lainnya. Ia juga menyebutkan bahwa identitas perusahaan harus diciptakan
melalui suatu rancangan desain khusus yang meliputi hal-hal unik atau khas
tentang perusahaan yang bersangkutan secara fisik.
Rhenald Kasali ( 2003:110-114) dalam buku Manajemen
Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia mengatakan bahwa
identitas perusahaan atau identitas korporat disebut juga sebagai simbol
perusahaan, apakah berbentuk logo perusahaan atau lambang lainnya. Simbol
selain dimaksud agar lebih mudah diingat oleh konsumen juga agar dijiwai oleh
segenap karyawannya. Simbol sangat penting bagi perusahaan yang bergerak di
sektor jasa yang menjaga pelayanan, kredibilitas, dan keramahan manusia di
dalamnya.
Corporate Identity terdiri dari tiga bagian yang digunakan
dalam berbagai cakupan yaitu,
-
Corporate Visual (logo, uniform)
-
Corporate Communication (iklan)
-
Corporate Behaviour (nilai, norma)
Pengertian Corporate Identity mencangkup jangkauan
yang lebih luas, yaitu untuk menunjukan kepada Sebuah corporate identity yang
efektif harus memiliki karakter-karakter sebagai berikut:
1. Simbolisme yang sederhana tetapi mengenal
2. Mempunyai pemicu visual yang kuat.
3. Identitas sebagai alat promosi dan pemasaran.
4. Corporate identity harus dapat diingat dan mengesankan
Fungsi Corporate
Identity
Corporate Identity suatu perusahaan pada hakekatnya berfungsi sebagai lambang jaminan mutu
dengan disertai rasa tanggung jawab pada produk yang dihasilkan, sehingga
siapapun yang 6
memakainya dijamin
akan mendapat kepuasan, penggunaan dan pelayanan yang bermutu (Kusmiati,
1999:103). Selain berfungsi sebagai identitas perusahaan, corporate identity
juga mempunyai fungsi-fungsi lain, antara lain :
1. Sebagai alat
yang menyatukan strategi perusahaan.
2. Sebagai pemacu
sistem operasional suatu perusahaan
3. Sebagai pendiri
jaringan network yang baik.
4. Sebagai alat jual
dan promosi.
Aplikasi
Corporate Identity
Banyak sekali
aplikasi corporate identity yang sering digunakan, antara lain:
1. Business
Stationery (kop surat, amplop, memo, kartu nama,forms, bon, dan lain-lain).
2. Advertising
3. Marchandise
4. Brosur dan
catalog
5. Signage
system
Contoh perusahaan :
Berg and Berg
Public Relations ke Komunikasi Korporasi
Perkembangan
zaman membuat Public Relations tidak lagi cukup menunjang keberlangsungan
perusahaan. Hal ini disebabkan dinamika informasi yang berkembang sangat cepat
serta publik yang semakin kritis dan selektif terhadap kemasan informasi. Di
sisi lain, stakeholder dan permasalahan yang dihadapi semakin kompleks dan
dinamis. Sehingga bagian Humas atau Public Relations tidak lagi diharapkan
sekedar menjadi corong perusahaan, tapi dapat mengatasi berbagai masalah
komunikasi, baik internal maupun eksternal.
Trend
yang berkembang mengharuskan perusahaan untuk mengembangkan strategi komunikasi
yang lebih fokus dan terarah, sehingga munculnya Corporate Communication.
Konsep ini muncul pada tahun 1970an yang dipelopori
oleh Mobil Oil. Mereka mengembangkan strategi PR yang kompleks dan menyeluruh
untuk mematahkan isu pencemaran lingkungan dan tuduhan pengambilan keuntungan yang
berlebihan dari bisnis minyak. Unit corporate communication yang
dibangun Mobil Oil ini tugasnya meliputi media relation, berhadapan dengan
LSM, melobi pemerintah dan menciptakan public opinion yang favourable.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar