Senin, 06 Oktober 2014

Perkembangan Media Komunikasi

Media Komunikasi. Sekarang dan Masa yang Akan Datang

Masa depan komunikasi adalah masa depan bagi evolusi umat manusia. Tanpa komunikasi, disini manusia tidak akan dapat berkembang seperti layaknya sekarang ini dan dikatakan kalau bisa saja manusia tetap hidup seperti di jaman purba dulu jika saja manusia tidak melakukan komunikasi.


Tantangan dan Perubahan dalam Media dan Komunikasi

Teknologi saat ini telah membawa kita pada suatu era baru yang dikenal sebagai “New Wave” dalam bidang media dan komunikasi.
Pesan di Era Baru: Sebelumnya setiap orang mendapat pesan spesifik yang berbeda – beda, namun sekarang ini satu pesan yang diberikan dapat dimengerti oleh semua orang. Sebelumnya, berita dipisahkan antara internal dan eksternal, namun saat ini semua pesan diberikan untuk semua.
Tantangan era baru untuk media: Berdasarkan survey (SPS) berita kejahatan, bencana, dan olah raga masih “menjual” tapi berita tentang gaya hidup dan kesehatan sekarang sedang menjadi tren dan berita mengenai politik dan bisnis mulai kurang diminati. Media mulai melihat dan mendengar keinginan audiens di era baru.

Di era baru ini tentu kita semua dekat dengan apa yang disebut dengan social media, berikut beberapa perbedaan mendasar dari media tradisional dan sosial media:
Media Komunikasi Tradisional
Social Media
Ruang berita ditentukan oleh pemilik media
Ruang berita dibuat oleh konsumen berita
Pengaturan merek
Penikmat berita yang berkuasa
Komunikasi satu arah
Komunikasi dua arah
Pengulangan pesan

Berfokus pada merek

Menghibur

Isi yang dibuat oleh perusahaan

Oleh karena itu, media tradisional saat ini harus menyesuaikan diri mereka dengan melakukan perubahan – perubahan seperti di bawah ini:
Cara Lama
Cara baru
Era Informasi
Era partisipasi
Pemilik media yang berkuasa
Penikmat media yang berkuasa
Periklanan untuk audiens secara masal
Periklanan pada audiens sasaran
Di publish sekali dan satu arah
Produk yang bisa divariasikan
Isi pesan adalah segalanya
Di publish satu kali dan didistribusi ke banyak jalur
Satu ukuran menampung semua produk
Isi pesan adalah segalanya
Marketing berfokus pada awareness dan pertimbangan
Marketing berfokus pada kesukaan, pembelian, dan pengulangan
Kenyamanan itu baik
Kenyamanan itu diperlukan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar