Senin, 22 September 2014

Kampanye Media

Bagaimana Memulai Kampanye Media?

Langkah pertama yang harus dilakukan pada saat melakukan kampanye media adalah memastikan kembali apa tujuan yang kelompok atau organisasi anda inginkan. Dengan begitu, maka anda dapat menetapkan langkah-langkah selanjutnya dengan tepat.

Ada beberapa pertanyaan yang bisa digunakan sebagai dasar dalam menyusun langkah-langkah dalam melakukan kampanye media, yaitu:

1) Apa tujuan yang ingin anda capai dalam kegiatan atau event yang anda lakukan?
2) Siapakah target audien anda?
3) Pesan-pesan apa saja yang harus disampaikan yang dapat mempengaruhi audien anda untuk melakukan perubahan?
4) Peran apa yang anda ingin sebuah komunitas miliki? 
5) Tipe media apa yang dapat digunakan secara efisien dan memiliki biaya yang efektif? 

Jika anda telah selesai dalam meninjau kembali apa saja yang kelompok atau organisasi anda inginkan, barulah kampanye media ini dapat berfungsi secara efektif.

Dua kunci utama yang diperlukan agar orang tertarik terhadap media:

1) Memahami apa yang media inginkan.
2) Memastikan bahwa informasi yang diterima adalah informasi yang jelas dan terkini.

Karakteristik Media dan Tenggat Waktunya

TELEVISI

Sebagai salah satu media yang paling canggih, televisi bersifat satu arah, artinya penonton di rumah tidak bisa menginterupsi tayangan yang sedang berlangsung. Peminat televisi juga termasuk sangat banyak, hal ini disebabkan karena televisi memiliki audio (suara) dan visual (gambar bergerak). Karena sifatnya yang audio-visual ini, televisi bisa menampilkan cerita atau berita dengan sangat baik. Berita di televisi juga sangat terarah, padat, jelas, dan lengkap meskipun hanya sekitar 1-2 menit saja. Untuk program berita itu sendiri memiliki dua macam deadline atau tenggat waktu. Untuk berita yang ditayangkan pagi atau siang, gambar dan naskah berita dan gambar harus sampai di redaksi maksimal satu hari sebelumnya. Untuk berita malam, naskah dan gambar  harus sampai di redaksi sekitar jam 10 pagi hingga jam 6 sore. Televisi juga menjadi salah satu target biro iklan dalam memasarkan produk klien mereka. Iklan di televisi memiliki waktu tayang sekitar 3-6 minggu, tergantung kesepakatan dan harga iklan yang dipasang.

RADIO

Radio nasional maupun radio local pasti memiliki soundbite sekitar 10-15 detik. Isi dari soundbite adalah pesan singkat, tagline radio, atau bisa juga hanya sekedar penyela dari satu program ke program berikutnya. Radio memiliki penyiar yang fasih berbicara, bisa mengangkat suasana, serta bisa membuat pendengarnya merasa tertarik untuk tetap mendengarkan program yang dibawakan. Radio juga memiliki program berita, dan deadline untuk satu berita adalah beberapa hari atau bila beritanya disiarkan langsung, bisa pada hari-H penyiaran. Iklan yang terpasang di radio biasanya diumumkan selama beberapa hari.

KORAN

Berita di Koran biasanya merupakan berita yang mendalam. Wawancara dan pencarian berita lebih lengkap disbanding berita yang ada di televisi atau media online. Berita di Koran bisa mengutip wawancara, press release, atau perkataan seseorang. Deadline untuk berita di Koran harian biasanya sekitar pukul 2-3 sore sebelum dicetak. Sedangkan untuk Koran mingguan bisa 3-5 hari sebelum naik cetak.

MAJALAH

Target pembaca majalah biasanya spesifik. Majalah biasanya focus pada satu isu khusus, sesuatu yang kompleks, atau hobi dan kebiasaan target pembaca. Contohnya ada majalah khusus olahraga, majalah fashion, majalah ibu dan anak, serta masih banyak ragam majalah yang ada. Deadline untuk majalah biasanya mengumpulkan artikel 2-6 minggu sebelum naik cetak, atau bisa juga tergantung dari jangka terbit majalah tersebut.

(1) Keterikatan Kurikuler:

Siswa fakultas, dan masyarakat terlibat dalam kolaborasi yang saling menguntungkan dan menghormati. Interaksi mereka memperkaya institusi dan;
Menunjukkan kebutuhan masyarakat yang teridentifikasi,
Memperdalam pembelajaran akademik dan kewarganegaraan siswa,
Mengembangkan kesejahteraan masyarakat

(2)
Outreach & Partnership :

Outreach berfokus pada penerapan dan penyediaan sumber daya kelembagaan untuk digunakan masyarakat dengan manfaat bagi kampus dan masyarakat.
Partnership berfokus pada hubungan kolaborasi dengan komunitas dan para pemegang kepentingan dalam rangka untuk pertukaran keuntungan, eksplorasi, penerapan pengetahuan, informasi, dan sumber daya. Hal ini bisa berupa riset, kapasitas bangunan, perkembangan ekonomi, dan lain - lain.

4 langkah Public Relations (PR):

1. Defining problems, seorang PR harus bisa menentukan hal yang menjadi suatu masalah misalnya menentukan SWOT perusahaan
2. Planning programs, ini berarti seorang PR harus bisa menyusun rencana / strategi yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah
3. Taking action & communicating, seorang PR harus berani untuk mengambil tindakan untuk menyelesaikan permasalahan dan mengkomunikasikannya
4. Evaluating program, seorang PR harus selalu mengevaluasi program yang telah ia lakukan untuk menilai apakah program yang telah dilakukan efektif untuk dilakukan atau tidak.

Tahapan dalam Kampanye Komunikasi:

Penelitian sebelum acara berlangsung yang meliputi:

a.     Program
b.     Pasar atau Penonton yang dituju
c.     Kampanye
d.     Penelitian setelah dilakukan acara
e.     Evaluasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar