Dalam sebuah agency periklanan terdapat 5 departemen yaitu Account Service Department, Creative Department, Media Department, Supporting Unit, Others (HRD / GA, Finance).
Setiap perusahaan memiliki struktur organisasi termasuk agency periklanan. Berikut struktur organisasi dalam agen periklanan :
Dalam sebuah agency periklanan dibutuhkan seorang Account Executive yang mempunyai job desk seperti berikut :
1. Mengerti brand yang menjadi tanggung jawabnya
2. Menyediakan analisis persaingan secara berkala (harga, komunikasi, pergerakan, dll.)
3. Mengembangkan laporan creative dan media untuk kampanye
4. Mengembangkan rencana kampanye komunikasi
5. Mengembangkan laporan pekerjaan untuk pekerjaan sehari-hari
6. Mengawasi team (creative & media) dalam menghasilkan jadwal pekerjaan (kualitas & waktu)
7. Bertanggung jawab terhadap laporan koneksi dari setiap meeting atau pembicaraan dengan klien
8. Memantau situasi pasar dari brand-nya
Dalam sebuah agency periklanan terjadi arus pekerjaan dalam kampanye komunikasi, print ad & radio komersial, serta media.
Dalam periklanan terdapat beberapa unsur yaitu :
1) Above The Line
2) Below The Line
3) Point of Sales (POS) atau Point of Purchase (POP)
Dalam pekerjaannya, agency periklanan tentunya akan membangun hubungan dengan klien yang dapat digambarkan dengan bagan berikut :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar